5 Cara Menghilangkan Bau Jempol Kaki yang Menyengat

5 Cara Menghilangkan Bau Jempol Kaki yang Menyengat
5 Cara Menghilangkan Bau Jempol Kaki yang Menyengat

Karena aktivitas sehari-hari yang padat, masalah kaki yang berbau busuk biasanya memengaruhi kebanyakan orang. Meskipun Anda telah menjaga kaki dan sepatu Anda tetap bersih, terkadang masalah aroma ‘fantastis’ biasanya sulit dihindari. Anda tidak hanya membuat diri Anda nyaman, orang-orang di sekitar Anda biasanya akan mendapatkan aroma yang kuat.

Bagi Anda yang sering mengalami masalah dengan aroma jempol kaki, berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mengatasinya.

5 Cara Menghilangkan Bau Jempol Kaki yang Menyengat
5 Cara Menghilangkan Bau Jempol Kaki yang Menyengat

1. Rendam dengan berbagai bahan penghilang bau

Cara paling umum yang dilakukan banyak orang untuk menghilangkan aroma tidak menyenangkan dari jempol kaki adalah dengan merendamnya dengan beberapa bahan campuran. Ada banyak campuran rendaman yang memiliki efek mengurangi bau menyengat dari jempol kaki; air garam, air lemon, air soda kue, cuka, teh, dan banyak lagi.

Cukup pilih salah satu bahan yang sesuai dengan jenis kulit Anda, Anda bisa mengatasi bau jempol kaki yang mengganggu indera penciuman.

2. Pilih sepatu dan kaus kaki yang memiliki sirkulasi udara yang baik

Jangan pernah menggunakan sepatu dan kaus kaki yang sangat ketat jika Anda tidak ingin jempol Anda mengeluarkan aroma yang tidak sedap? Untuk membantu mengatasi bau tak sedap, coba gunakan sepatu dan kaus kaki yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Jadi meski digunakan untuk jangka waktu yang lama, bau ibu jari bisa dikurangi.

3. Jangan memotong kuku ibu jari Anda terlalu sering

Ingat, jangan terlalu sering memotong ibu jari Anda (dan kuku jari kaki lainnya)? Kuku yang terlalu sering dipotong akan membuat daging di sekitar kuku kaki tumbuh di atas kuku. Ketika kuku tumbuh nanti, bagian atas akan masuk ke daging dan membuat luka yang menyebabkan aroma tidak sedap yang cukup mengganggu.

4. Campur kopi dengan minyak kelapa

Selain direndam dengan berbagai bahan, Anda juga bisa membuat scrub buatan menggunakan campuran kopi dan minyak kelapa. Campuran kopi dan minyak kelapa dipercaya efektif mengusir bau mulut yang menyengat hidung. Metode ini hanya berlaku untuk permukaan kaki dan diamkan sebentar sebelum melakukan aktivitas.

5. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

Selain menghindari junk food, kafein, dan alkohol, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Fungsi magnesium itu sendiri pada dasarnya mampu mengendalikan produksi keringat berlebih, sehingga mengurangi aroma tidak enak dari jempol kaki. Makanan yang mengandung magnesium termasuk cokelat, sayuran hijau gelap, pisang, alpukat, dan tahu.

Dengan menerapkan cara sederhana di atas, orang tidak akan ilfil lagi dengan jempol kaki Anda meski sudah tertutup sepatu. Tetap jaga kesehatan seluruh anggota tubuhmu ya agar sehat …

Be the first to comment

Leave a Reply