Kaya Manfaat Jeruk Limau, Bumbu Dapur yang Segar dan Sehat Untuk Tubuh

Kaya Manfaat Jeruk Limau, Bumbu Dapur yang Segar dan Sehat Untuk Tubuh
Kaya Manfaat Jeruk Limau, Bumbu Dapur yang Segar dan Sehat Untuk Tubuh

Asam, aroma dan segar adalah karakteristik utama dari jeruk nipis. Jenis jeruk yang satu ini biasanya digunakan sebagai pelengkap cabai agar rasanya lebih enak. Rusak langsung dengan kulit dalam adukan semen, jeruk nipis mampu membuat saus lebih membangkitkan selera dan membuatnya kecanduan.

Kapur sering disamakan dengan kapur karena bentuknya. Namun perbedaan keduanya adalah ukuran kapur yang lebih kecil, dan tentu saja aroma yang khas. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata jeruk nipis juga sering digunakan mulai dari kesehatan hingga kebutuhan sehari-hari.

Kaya Manfaat Jeruk Limau, Bumbu Dapur yang Segar dan Sehat Untuk Tubuh
Kaya Manfaat Jeruk Limau, Bumbu Dapur yang Segar dan Sehat Untuk Tubuh

1. Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan ideal memang menjadi impian banyak orang. Sayangnya, menurunkan berat badan seringkali hanya menjadi wacana belaka. Di tahun baru ini tidak ada salahnya memulai kembali bisnis, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jeruk nipis.

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis diyakini membantu mengurangi berat badan sambil membakar lebih banyak kalori, sehingga tubuh menghemat lebih sedikit lemak. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, seimbangkan juga dengan olahraga dan makan sehat.

2. Meningkatkan pencernaan

Dalam jeruk nipis mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan produksi enzim untuk mengurangi jumlah makanan dalam tubuh. Mengkonsumsi jeruk nipis membuat tubuh tidak lagi menimbun makanan yang tidak dibutuhkan, terutama racun.

Rasa asam ini dalam jeruk nipis dapat meningkatkan jumlah air liur sehingga memecah makanan agar lebih mudah diproses oleh sistem pencernaan. Dengan begitu, sistem pencernaan akan lebih lancar, dan mengurangi risiko sembelit.

3. Menjaga kesehatan kulit

Ada baiknya membentuk tubuh yang ideal, jeruk nipis juga mampu menjaga kesehatan kulit, lho. Ya, kandungan vitamin C dan flavonoid yang berlimpah dalam jeruk hijau dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan mengurangi kusam.

Tidak hanya itu, vitamin C juga digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan lebih banyak kolagen sehingga kulit terasa lembut dan kenyal. Jadi tunggu apa lagi? Jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat, coba mulai sekarang juga untuk mengonsumsi jeruk nipis.

4. Mengatasi bau badan

Bau badan sering mengganggu, tidak hanya mengganggu diri sendiri tetapi juga orang-orang di sekitar kita. Untuk menjaga aroma tubuh Anda tetap enak, Anda bisa mencampurkan jus lemon ke dalam sabun mandi. Lime juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat membunuh kuman penyebab bau badan.

5. Mengobati anyang-anyangan

Anyang-anyangan adalah suatu kondisi di mana Anda ingin buang air kecil terus menerus. Tentu ini kegiatan yang sangat mengganggu, bukan? Nah, Anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai obat alami untuk penolak anyang-anyangan. Ini karena, jeruk nipis memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti anyang-anyangan.

6. Membersihkan peralatan dapur

Sama halnya dengan mengurangi lemak dalam tubuh, jeruk nipis juga mampu membasmi lemak membandel yang sering menempel pada peralatan memasak. Karena itu, tidak mengherankan jika keluarga jeruk sering digunakan sebagai campuran pada sabun pencuci piring.

7. Sabun cuci tangan alami

Soal aromanya bandel, memang jeruk nipis. Anda dapat menggunakan jeruk nipis ini sebagai sabun cuci tangan alami terutama setelah makan. Apalagi jika setelah makan siang dengan menu yang kaya akan bumbu, biasanya aroma masakan ini akan menempel lama di jari. Agar aromanya hilang, Anda hanya perlu memasukkan sepotong jeruk nipis saat mencuci tangan.

Be the first to comment

Leave a Reply