6 Makanan Ini Buruk Bagi Kesehatan Jika Dimakan Pada Jam Yang Salah

6 Makanan Ini Buruk Bagi Kesehatan Jika Dimakan Pada Jam Yang Salah
6 Makanan Ini Buruk Bagi Kesehatan Jika Dimakan Pada Jam Yang Salah

Makanan memang harus menjadi sumber energi bagi tubuh setiap hari. Namun, apa yang akan terjadi jika apa yang kita konsumsi sejauh ini justru memperburuk kesehatan? Seringkali banyak yang merasa bahwa dengan mengkonsumsi makanan sehat berarti kesehatan mereka akan baik-baik saja.

Sayangnya, banyak orang masih tidak tahu bahwa beberapa makanan sehat akan memiliki efek negatif pada tubuh jika dimakan pada waktu yang salah.

6 Makanan Ini Buruk Bagi Kesehatan Jika Dimakan Pada Jam Yang Salah
6 Makanan Ini Buruk Bagi Kesehatan Jika Dimakan Pada Jam Yang Salah

1. Makan pisang saat sarapan justru akan membuat Anda kehilangan energi

Tak perlu dikatakan, pisang adalah makanan paling disukai semua orang, bukan nasi di pagi hari. Meskipun terlihat sehat dan mengenyangkan, lebih baik kita tidak memakannya dengan perut kosong! Alasannya, mengonsumsi pisang saat perut kosong akan berdampak mengurangi tingkat energi kita.

Menurut ahli gizi Dr. Daryl Gioffre, pisang memiliki kandungan gula yang tinggi hingga 25 persen. Pisang memang akan mengisi pada awalnya, tetapi setelah beberapa jam kita akan merasa lelah dan lapar lagi.

Terutama jika Anda memiliki iritasi usus, makan pisang ketika perut kosong tidak baik untuk pencernaan Anda.

2. Minum susu saat sarapan membuat perut terasa sakit

Sejak kecil, banyak orangtua sudah terbiasa memberi segelas susu untuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Namun, berdasarkan penelitian dari Dr. Dhanvantri Tyagi, susu justru akan sulit dicerna dengan cepat.

Karena itu, minum susu di pagi hari dan menggabungkannya dengan makanan berat lainnya dapat menyebabkan mulas dan sakit perut. Malam hari adalah waktu terbaik untuk minum segelas susu hangat karena membantu menghangatkan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

3. Makan apel di malam hari bisa meningkatkan asam lambung

Apel memang kaya serat dan mengandung asam alami yang meningkatkan fungsi pencernaan dan usus besar. Namun, jika kita makan apel di malam hari, kandungan asamnya bisa menumpuk di lambung hingga menyebabkan asam lambung, lho.

Dilaporkan oleh ETimes, makan apel di malam hari dapat membuat Anda kentut terus menerus dan juga akan berdampak negatif pada pencernaan. Alasannya adalah pencernaan kita akan melambat di malam hari dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan apa pun.

Makan apel di pagi hari, karena kandungan asamnya akan membantu kesehatan dan pergerakan usus kita setelah tidur atau makan banyak sebelumnya.

4. Minum kopi dengan perut kosong akan membuat kita semakin ketagihan

Bagi banyak orang, istilah kopi pagi tampaknya telah menjadi kebiasaan untuk memulai hari dan beraktifitas. Namun, penelitian menunjukkan bahwa minum secangkir kopi di pagi hari sebaiknya dihindari.

Penelitian yang dilaporkan oleh independent.co.uk menunjukkan bahwa setelah bangun, kadar kortisol tubuh kita akan memuncak antara 8 dan 9 pagi untuk membantu kita bangun secara alami.

Karena itu jika kita mengonsumsi kafein dalam proses kartisol ini, tingkat kortisol akan turun dan karenanya kita akan lebih kecanduan kopi. Tentu saja, ketika kita kecanduan kopi, jelas ini tidak baik untuk kesehatan jangka panjang, bukan?

5. Makan cokelat di malam hari berdampak pada kualitas tidur yang buruk

Menahan godaan untuk tidak makan cokelat rasanya sulit. Jadi, banyak yang tidak bisa berhenti dari sayang ini pada makanan manis ini. Jika Anda seorang pecinta cokelat, perlu diingat bahwa cokelat tidak baik jika dimakan di malam hari, huh!

Karena cokelat mengandung kafein dan Theobromine yang merupakan stimulan yang akan meningkatkan denyut jantung dan aliran darah. Jika tubuh memiliki dorongan stimulan terlalu banyak sebelum tidur, ini dapat mempersulit tidur dan mengurangi kualitas tidur juga, lho!

6. Mengganti sarapan dengan yogurt bisa memperlambat pencernaan

Selain buah dan susu, banyak orang juga memilih yogurt daripada sarapan. Namun, makan yogurt dengan perut kosong sebenarnya dilarang oleh beberapa penelitian ahli.

Yoghurt mengandung asam laktat yang dapat mengurangi keasaman lambung dan memiliki efek pada memperlambat pencernaan. Waktu terbaik untuk makan yogurt adalah 2 jam setelah makan makanan berat untuk mengisi tubuh kita dengan protein dan juga baik untuk perkembangan otot. Jadi, jangan menjadikan yogurt sebagai makanan utama saat sarapan, ya!

Nah, itulah 6 makanan yang sering kita konsumsi di jam yang salah sehingga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Be the first to comment

Leave a Reply