7 Manfaat Luar Biasa Dari Jagung untuk Kesehatan

7 Manfaat Luar Biasa Dari Jagung untuk Kesehatan
7 Manfaat Luar Biasa Dari Jagung untuk Kesehatan

Jagung adalah salah satu biji-bijian sereal yang paling populer dan banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Gandum yang juga dianggap sebagai sayuran di dunia kuliner ini, berasal dari Meksiko sekitar 9.000 tahun yang lalu.

Warna jagung tergantung pada lokasi jagung yang ditanam, dan jenis varietas jagung. Selain putih dan kuning, jagung juga berwarna merah, biru dan ungu. Jagung dapat dikonsumsi sebagai jagung manis, popcorn, tortilla, keripik, tepung jagung, bubur jagung, dan banyak lagi.

Tidak hanya rasanya lezat, jagung juga memiliki banyak nutrisi penting yang dapat menawarkan banyak manfaat kesehatan. Nah, berikut ini tujuh manfaat jagung untuk kesehatan.

7 Manfaat Luar Biasa Dari Jagung untuk Kesehatan
7 Manfaat Luar Biasa Dari Jagung untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Manfaat pertama jagung bagi kesehatan adalah mampu menjaga kesehatan mata dan kulit. Jagung adalah sumber beta-karoten yang baik, yang mampu menghasilkan vitamin A, di mana vitamin A adalah salah satu vitamin terbaik untuk kesehatan mata dan kulit.

Selain itu, kandungan antioksidan, terutama karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin dalam jagung, dapat meningkatkan kesehatan mata. Dua karotenoid, umumnya dikenal sebagai pigmen makula, adalah senyawa di retina yang dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh cahaya biru pada layar gadget.

2. Mencegah penyakit diverticular

Selain mampu menjaga kesehatan mata dan juga kulit, jagung juga mampu mencegah penyakit divertikular. Penyakit divertikular adalah suatu kondisi yang menyebabkan pembentukan tonjolan kecil (divertikular) atau kantung di dinding usus besar. Meski jarang menimbulkan gejala, namun penderita penyakit ini terkadang akan mengalami gejala seperti nyeri pada perut bagian bawah, pendarahan dubur, dan demam.

Ternyata makan jagung bisa mencegah penyakit pencernaan, kawan. Menurut fakta yang ditemukan dalam studi 18 tahun yang dilakukan pada 47.228 pria, yaitu popcorn dapat melindungi tubuh dari penyakit divertikular. Pria yang banyak mengonsumsi popcorn, maka penyakit divertikular 28% lebih rendah, dibandingkan dengan pria yang mengonsumsi popcorn lebih sedikit.

3. Cegah wasir

Selain bisa mencegah penyakit divertikular, jagung juga bisa mencegah wasir dan kanker usus besar. Kandungan seratnya cukup tinggi dalam satu cangkir jagung, yaitu 18,4% dari jumlah per hari yang disarankan, sehingga dapat meredakan masalah pencernaan seperti sembelit, yang merupakan penyebab utama wasir.

4. Cegah dan atasi anemia

Tidak hanya mampu mengatasi masalah pencernaan seperti penyakit divertikular, wasir, dan kanker usus besar, jagung juga mampu mencegah dan mengatasi anemia.

Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Nah, jagung ini mengandung zat besi, yang merupakan mineral penting dalam pembentukan sel darah merah baru.

5. Mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat)

Sekarang, inilah salah satu manfaat terbesar jagung, yang mampu mengurangi kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Robert Nicholosi di University of Massachusetts, AS, menunjukkan fakta bahwa konsumsi minyak kulit jagung dapat mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

6. Kontrol kadar gula darah

Tidak mampu mengurangi kadar kolesterol LDL, jagung juga mampu mengendalikan kadar gula darah, yang tentu saja akan bermanfaat bagi penderita diabetes. Kandungan protein dan serat dalam jagung, bahkan bisa dicerna, sehingga dapat mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah. Selain itu, kandungan vitamin B1, B5, dan asam folat dalam jagung, diketahui mampu mengendalikan kadar gula darah.

7. Mencegah hipertensi

Selain bisa mengendalikan kadar gula darah, jagung juga mampu mencegah hipertensi. Kandungan fitonutrien yang tinggi dalam jagung dapat menghambat enzim konversi angiontensin-l (ACE), yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi).

Nah, itulah ulasan tujuh manfaat jagung, yang ternyata memberi banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Be the first to comment

Leave a Reply