Manfaat Makan Paprika Mentah dengan Segudang Vitamin

Manfaat Makan Paprika Mentah dengan Segudang Vitamin
Manfaat Makan Paprika Mentah dengan Segudang Vitamin

Paprika banyak digunakan sebagai campuran dalam salad, pizza dan pasta. Aroma dan rasa pedas yang dihasilkan oleh buah sebagai paprika sangat khas. Seperti cabai, paprika juga mengandung capsicum annuum L yang menghasilkan rasa pedas. Namun, bila dibandingkan dengan rasa pedas cabai merah atau cabai rawit, paprika tidak terlalu pedas, apalagi membuatnya makan keringat.

Tapi tahukah Anda? Jika saat ini paprika adalah salah satu buah trendi yang dimakan mentah. Pada paprika mentah, terutama paprika merah mengandung banyak vitamin C. Cara menikmati paprika mentah ternyata mampu memberi efek yang baik pada tubuh.

Manfaat Makan Paprika Mentah dengan Segudang Vitamin
Manfaat Makan Paprika Mentah dengan Segudang Vitamin

Menurut The National Institutes of Health, kandungan nutrisi paprika akan rusak jika dimasak di atas 375 derajat. Sebab, vitamin C sangat sensitif terhadap panas sehingga kandungannya akan berkurang atau bahkan hilang jika dimasak pada suhu tinggi. Disarankan, jika Anda ingin memasak paprika atau cabai, cukup tumis cepat atau lebih baik dinikmati mentah.

Lain halnya jika Anda mengonsumsi paprika mentah, maka nutrisi tubuh bisa lebih banyak diserap oleh tubuh. Dalam 100 gram paprika segar – baik merah, kuning atau hijau – mengandung 92 persen air, 1 gram protein, 2,1 gram serat dan 6 gram karbohidrat. Sementara itu, paprika yang telah diuji kaya akan vitamin, terutama vitamin C juga mengandung jenis vitamin lain seperti vitamin B6, B9, K1, E, A, dan potasium.

Kandungan nutrisinya yang melimpah bisa digunakan sebagai obat alami pada beberapa jenis penyakit, lho. Pelaporan Healthline, vitamin A, lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam jumlah yang relatif tinggi di paprika, secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan mata ketika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Jika dikonsumsi secara teratur, kandungan karotenoid dalam paprika mentah dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Dalam paprika merah, yang kaya akan vitamin C, dapat juga digunakan sebagai sumber zat besi yang dapat mencegah anemia. Agar khasiatnya lebih jelas, Anda bisa menggabungkan paprika dengan makanan kaya zat besi lainnya seperti daging atau bayam.

Di sisi lain, vitamin E dari paprika dapat membantu memproduksi sel darah merah sehingga mengkonsumsinya dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Jadi ketika jari Anda secara tidak sengaja mengiris pisau saat memasak, Anda dapat melakukan tindakan cepat dengan memberikan bubuk atau menempelkan potongan parika segar ke area luka selama beberapa detik kemudian bilas dengan air bersih.

Paprika juga memiliki sifat anti-bakteri yang efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Caranya sangat sederhana, cukup tempel paprika segar ke jerawat selama beberapa detik dan bilas dengan air bersih. Pastikan Anda tidak meletakkannya terlalu lama, ya, agar wajah Anda tidak terasa panas.

Begitu banyak manfaat paprika yang baik untuk kesehatan. Karena itu, tidak ada salahnya Anda menambahkan persediaan paprika di lemari es. Juga kombinasikan dengan bahan makanan lain sehingga rasanya lebih enak.

Be the first to comment

Leave a Reply